Cravings



Apaan sih cravings ?? yesss cravings alias ngidam adalah fenomena yang sering kita temui pada ibu-ibu hamil, di seluruh planet ini, dan bagi saya fenomena yang dibesar-besarkan dan ga masuk akal, terlalu mengada-ngada, yah meski saya belum pernah merasakan, menurut saya ngidam ga jauh beda dengan keinginan para cewek-cewek yang tiba-tiba pengen shoping ke butik atau mall cuma karena bosen di rumah. 

Kebetulan banget pagi ini saya baca kompasiana freez yang ngangkat topik soal ngidam. ada tiga teori yang setidaknya membeikan penjelasan yang lebih masuk akal ketimbang bilang "ini kepengenan baby nya" ooohhh please...

Teori pertama : ngidam berawal dari perubahan ekstrem hormon pada ibu hamil yang memicu perubahan drastis pada selera makan dan bau-bauan mereka. hal ini menjelaskan ibu-ibu hamil yang nyidam semenit sebelumnya minta rambutan semenit kemudian ganti minta sambel trasi, yang dulunya suka aroma parfum jasmine maka semenjak hamil tiba-tiba menyukai aroma jengkol di semur. ( sinetron banget --" )

Terori kedua : ngidam merupakan sinyal tubuh yang menandai kurangnya nutrisi pada tubuh ibu hamil ( kekurangan kalsium dan zat besi cenderung sering dialami oleh ibu hamil ). sebenarnya bukan pada ibu hamil aja sih, tiap manusia yang aware dengan tubuhnya sendiri pasti menyadari kalau pas tiba-tiba pengen makan ini pengen makan itu, ga selera makan ini dan lebih selera dengan makanan itu, artinya tubuh sedang kekurangan nutrisi. misalnya lagi eneg banget liat nasi dan pengen banget makan jeruk, berarti tubuh kita sudah cukup menerima karbohidrat dan sedang membutuhkan asupan vitamin C, etc.

Terori ketiga : ngidam dilihat dari kacamata psikolog adalah fenomena kekurangan perhatian dari suami atau lingkungan sekitar yang dialami oleh ibu hamil. intinya karena ibu hamil itu mendapatkan perhatian yang kurang dari suaminya makanya mencari-cari alasan dengan permintaan beraneka rupa, hingga kadang tidak masuk akal dan malah merepotkan sekitarnya. tidak terbukti sampai sekarang adanya efek negatif ketika permintaan tertentu dari ibu hamil tidak terpenuhi, sepatutnya permintaan aneh dan berlebihan tidak dipenuhi. catatan penting untuk ibu hamil adalah perlunya mengatasi keinginan yang berlebihan dan diluar kewajaran dengan SELALU BERPIKIR POSITIF.

Ada kata bijak yang menyampaikan bahwa manusia sudah belajar tentang kehidupan sejak dari dalam kandungan, jadi sepatutnya para ibu hamil mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang positif dan tidak berlebihan misalnya dengan tidak selalu menuruti keinginan hati yang selalu di atas namakan "keinginan bayi", jika masih dalam kandungan sudah terbiasa mengatasnamakan orang lain untuk kepentingan sendiri, jangan salahkan jika besok meraka sudah bisa berpikir sendiri anak anda akan mengikuti apa yang sudah anda ajarkan sejak masih di kandungan, itu belum seberapa jika anda yang direpotkan, bagaimana jika hasil ajaran anda saat mereka masih di dalam kandungan merepotkan orang lain, sungguh hal sangat tidak nyaman bukan :)

So, tidak usah melebih-lebihkan keinginan yang mungin saja hanya keinginan angin lalu, analisa dahulu sebelum memutuskan apakan anda benar-benar membutuhkan apa yang anda inginkan, atau hanya sekedar meminta perhatian ??
Jika anda hanya sekedar mengisi waktu dengan keinginan-keinginan yang merepotkan orang lain, bukankah lebih baik anda gunakan waktu anda untuk hal-hal lain yang lebih positif untuk diri anda sendiri dan perkembangan bayi anda, misalnya membaca artikel-artikel parenting, artikel makanan sehat untuk bayi, artikel baju-baju yang nyaman untuk bayi, etc.

Keinginan adalah hal yang subjektif, persepsinya bisa berubah tergantung siapa yang melihatnya. selama anda tak habis akal untuk mengisi waktu anda dengan self enjoyment , tentu anda akan bisa mengerem keinginan-keinginan sementara yang terlanjur dilebih-lebihkan oleh masyarakat kita.

Its all about mindset and behavior, think cleaver, find another solutions and you wont bother other people with the little things :)

source : http://freez.kompasiana.com/obrolan

Popular posts from this blog

God is the best designer

Resensi Buku "Putusin Nggak, Ya?" - my style

among cockroaches, connections, and birthday....